Perbandingan Kehebatan Cortex-A75 dan Cortex-A73

Playswithfiredesigns.comĀ  – Prosesor Qualcomm Snapdragon 835 menggunakan prosesor octa-core yang mengusung teknologi proses 10nm saat ini digunakan oleh Samsung Galaxy S8, Galaxy S8+, Xiaomi Mi 6, dan Sony Xperia XZ Premium yang membuat smartphone tersebut memiliki performa yang luar biasa .

Berdasarkan informasi yang beredar, disebutkan bahwa Cortex-A75 akan memiliki performa lebih hebat 20 persen dibandingkan Cortex-A73 dan 40 persen daripada Cortex-A72. Dalam hal konsumsi daya baterai, Cortex-A75 juga akan memiliki kemampuan yang hampir sama dengan Cortex-A73. Bahkan, lewat pengujian menggunakan beragam tool benchmark, Cortex-A75 memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan Cortex-A73.

Cortex-A75 akan memiliki kecepatan maksimal 3 GHz atau bisa dikatakan 200 MHz lebih cepat dibandingkan dengan A73 yang hanya memiliki kecepatan 2,8 GHz. Ada peningkatan performa, baik untuk single-thread maupun multi-thread. Sementara itu, Cortex-A55 memiliki peningkatan performa dua kali lipat dibandingkan A53 dan memiliki peningkatan efisiensi konsumsi baterai sebanyak 15 persen.

Untuk saat ini, Cortex-A53 hanya mampu mengemas empat inti dalam satu cluster, sehingga Snapdragon 625 hanya memiliki delapan inti Cortex-A53 yang dikemas dalam dua cluster. Sedangkan pada Cortex-A55, satu cluster nantinya bisa diisi delapan inti sekaligus. Bahkan, 16 inti bisa dikemas dalam dua cluster. Keuntungannya, prosesor yang memiliki satu cluster Cortex-A55 akan memiliki kemampuan efesiensi baterai lebih baik.

Lewat beberapa tool benchmark, Cortex-A55 juga mampu memperlihatkan kinerja lebih baik dibandingkan A53. Sementara itu, Snapdragon 845 yang memadukan Cortex-A75 dan Cortex-A55 diharapkan mampu menawarkan peningkatan performa 30 persen pada single-core dan 70 persen pada multi-core. Rencananya, prosesor buatan Qualcomm ini baru akan diumumkan pada akhir tahun 2017 dan akan diadopsi ke dalam smartphone pada tahun 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *