Pada Ajang CES 2018 Terlihat Perangkat Yang Dapat Membantu Tunanetra

Playswithfiredesigns.com – Belum ada sebuah perangkat modern yang bisa membantu tunanetra dalam hal melihat dari segi visual, namun dengan menggunakan indera lain seperti menggunakan hufuf braille atau isyarat suara yang ditujukan agar mereka dapat memahami dunia.

Belum lama ini pada ajang Consumer Electronics Show (CES) 2018 di Las Vegas terlihat sebuah perangkat yang dapat membantu tunanetra dalam mengenali dunia sekitar, perangkat tersebut bernama OrCam MyEye 2.0.

Perangkat tersebut berbentuk persegi panjang yang terhubung ke kacamata, dimana perangkat itu akan memberitahu pengguna apa yang sedang terjadi di sekitarnya. Menariknya, perangkat ini akan terasa cocok untuk semua pengguna bahkan untuk pengguna kacamata sekali pun, karena perangkat ini memiliki magnet yang dapat menghubungkan perangkat dengan kacamata pengguna.

MyEye 2.0 memiliki fitur yang bisa memindai permukaan apapun, seperti buku, menu restoran, papan, layar ponsel, monitor komputer, dan akan menyampaikan informasi yang kembali ke pemakainya. Hal yang perlu dilakukan pengguna hanyalah memusatkan titik objek agar perangkat ini dapat bekerja.

Selain itu, ada juga fitur pengenalan wajah yang akan mengingatkan pengguna siapa yang ada di depan mereka, serta dapat mempelajari nama dan mengulanginya kembali ke pemakainya.

Ziv Aviram pendiri dan CEO OrCam berpendapat perangkat buatan mereka memiliki misi untuk memberdayakan orang-orang yang menyandang tunanetra, memiliki kesulitan dalam membaca, termasuk disleksia atau orang-orang yang mengalami kelelahan membaca, untuk digunakan dalam beberapa hal seperti belajar, bekerja, dan yang paling utama adalah untuk menjalani hidup mereka dengan tingkat kemandirian yang lebih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *