Huawei Akan Membuat Penerus Kirin 970

Playswithfiredesigns.com – Huawei pada 2017 lalu membuat kejutan di industri SoC dengan menghadirkan Kirin 970 yang pertama kali digunakan untuk chipset dari Mate 10 dan Mate 10 Pro.

Satu hal yang menarik, SoC buatan Huawei ini telah dibekali dengan artificial intelligence dan Huawei menyebutkan Neural Processing Unit atau NPU. Huawei juga akhirnya memiliki Kirin 970 untuk menjadi otak utama dari dua smartphone terbarunya yang diperkenalkan pada tahun ini, yakni P20 dan P20 Pro.

Honor pun tertarik untuk menggunakan Kirin 970 dan menggunakannya ke dalam Honor View 10 dan Honor 10.

Saat ini Huawei diberitakan sedang membuat Kirin 980 yang tak lain sebagai penerus dari Kirin 970. Dari kabar yang ada, Huawei akan secara perdana menempatkan Kirin 980 ke dalam keluarga Mate terbaru yang diperkirakan muncul pada akhir tahun ini.

Kirin 980 sendiri sebenarnya sudah masuk ke dalam list AnTuTu. Sayangnya SoC ini belum diketahui sama sekali konfigurasinya. Namun, bocoran dari orang dalam yang menjadi bagian dari distribusi komponen di Taiwan sedikit membuka rahasia mengenai Kirin 980.

Sumber tersebut mengatakan, Huawei akan bekerjasama dengan TSMC untuk memproduksi Kirin 980 dengan teknologi proses 7nm. Tentu saja jika informasi ini, teknologi proses 7nm sama dengan yang dimiliki chipset Apple A12. Nantinya, Kirin 980 juga akan memiliki fitur NPU terbaru yang dibangun oleh Cambricon Technologies.

Cambricon merupakan perusahaan asal Cina yang mengembangkan chip pintar untuk komputasi awan (cloud computing) dan kecerdasan buatan. Disebutkan kemampuan prosesor AI Cambrian terbaru akan memberikan 5 triliun perhitungan per watt dan tersedia dalam varian dual, quad, dan octa-core.

Kirin 980 akan menggunakan CPU ARM A75 dengan GPU yang pertama kali dibuat oleh Huawei. Kemungkinan besar chipset Kirin 980 baru akan hadir pada akhir kuartal ketiga atau awal kuartal keempat tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *